Ujian Terbuka/Promosi Doktor PAI Ke-14

Yogyakarta, 29 Januari 2024 – Program Doktor PAI Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta menggelar ujian terbuka promosi doktor ke-14 bagi Nurliadin, M.Pd.I. dengan judul disertasi "Pengembangan Media Pembelajaran Membaca Al-Qur'an Berbasis Gerakan di SMP Diponegoro Depok Sleman Yogyakarta."

Acaradigelar di Ruang Pertemuan lantai 3 Kampus Sambilegi. Riset Promovendus merupakan penelitian dan pengembangan yang mengembangkan metode pembelajaran yang inovatif. Tim pengujiterdiri dari para akademisi terkemuka untuk memastikan bahwa disertasi yang diajukan memberikan kontribusi signifikan terhadap dunia pendidikan. Tim penguji terdiri dari: 1) Prof. Dr. Muhammad. M.Ag., Promotor I dan Penguji I, seorang Guru Besar UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. 2) Prof. Dr. Mahmud Arif, M.Ag., Promotor 2 dan Penguji 2, sebagai Guru Besar UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. 3) Dr. Ahmad Arifi, M.Ag., Penguji 3, seorang Dosen UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. 4) Dr. Nur Hidayat, M.Ag., Penguji 4, Dosen UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. 5) Dr. Muhammad Anis, M.A., Penguji 5, dari Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. 6) Dr. R. Umi Baroroh, M.Ag., Penguji 6, seorang Dosen UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. 7) Ketua Sidang Prof. Dr. Sri Sumarni, M.Pd. dan 8) Sekretaris Sidang, Dr. Sibawaihi, M.Ag., M.A., Ph.D.

Hasil penelitian disertasi Nurliadin menggambarkan perjalanan panjang pembangunan media pembelajaran membaca Al-Qur’an berbasis gerakan (MPQu-Berkah) di SMP Diponegoro Depok, Sleman, Yogyakarta. Menggunakan pendekatan model ADDIE, riset ini bukan hanya sebuah karya akademis, tapi juga solusi nyata untuk meningkatkan pembelajaran Al-Qur’an. Uji lapangan dilakukan di kelas VIII SMP Diponegoro Depok Sleman, dan hasilnya menunjukkan pembenahan yang signifikan. Media pembelajaran yang dikembangkan, seperti video pembelajaran Makhāriju al-hurūf dan Ṣifātu al-hurūf, Harakat, dan Mad, telah melalui validasi yang mendalam dan uji kelayakan yang positif. Penelitian ini memberikan kontribusi berharga bagi dunia pendidikan, membuka jalan untuk penerapan inovasi dalam pembelajaran Al-Qur’an yang lebih menyenangkan dan efektif.