Capaian Pembelajaran

 Aspek Sikap
  1. bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dengan mengedepankan sikap religious yang inklusif dan nilai kemanusiaan dalam bingkai NKRI.
  2. berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air yang memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa dan menghargai keanekaragaman, taat hukum, dan disiplin.
  3. berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila dengan bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan yang menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik, semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan dengan sikap tanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya.
Aspek Keterampilan Umum
  1. mampu menemukan teori/konsepsi/ gagasan ilmiah baru, dengan memberikan kontribusi pada pengembangan serta pengamalan ilmu pengetahuan dan/atau teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora di bidang Pendidikan Agama Islam, yang menghasilkan penelitian ilmiah berdasarkan metodologi ilmiah, pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif; [1]
  2. mampu mengembangkan riset dalam bidang ilmu pendidikan agama Islam dengan menggunakan pendekatan inter-, multi-, dan trans-disipliner yang bermanfaat bagi ilmu pengetahuan dan kemaslahatan umat manusia, yang mendapat pengakuan nasional maupun internasional [2, 3, 4, 5, 6, 8]
  3. mampu menunjukkan kepemimpinan akademik dalam pengelolaan, pengembangan dan pembinaan sumberdaya serta organisasi yang berada dibawah tanggung jawabnya dengan mengembangkan dan memelihara hubungan kolegial dan kesejawatan di dalam lingkungan sendiri atau melalui jaringan kerjasama dengan komunitas peneliti di luar lembaga
Aspek Keterampilan Khusus
  1. mampu menyajikan hasil temuan atau ciptaan yang memiliki nilai kebaharuan dan berkontribusi pada pengembangan serta pengamalan iptek dalam bidang PAI melalui penalaran dan penelitian ilmiah yang berbasis ICT [p.1;
  2. mampu merekomendasikan solusi atas problem-problem pendidikan agama Islam melalui pendekatan inter, multi, dan transdisipliner yang mencakup aspek filosofis, teoretis maupun praksis pendidikan agama Islam. [p.3
  3. mampu mengembangkan pengetahuan teknologi, dan atau seni dalam bidang pendidikan agama Islam melalui riset, hingga menghasilkan karya kreatif, original, dan teruji berdampak nasional dan internasional. [p.1
  4. mampu mengembangkan riset yang inovatif dalam bidang ilmu Pendidikan Agama Islam dengan memanfaatkan jejaring nasional dan internasional [p.2]
Aspek Pengetahuan
  1. mampu merumuskan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni dalam bidang pendidikan agama Islam berdasarkan pendekatan inter, multi, dan transdisipliner. [p.1]
  2. Mampu menemukan konsep dan teori integrasi-interkoneksi keilmuan dalam bidang Pendidikan Agama Islam. [p.1]
  3. mampu merumuskan filosofi dan teori-teori pendidikan agama Islam dari Qur’an dan Hadis dengan menggunakan kajian-kajian inter, multi, dan trans-disipliner. [p.1]
  4. mampu mendesain model-model penelitian dalam bidang PAI dengan memanfaatkan IT. [p.2]
  5. mampu menganalisis secara kritis isu-isu kontemporer dalam bidang pendidikan Agama Islam di Indonesia dengan memberikan solusi. [p.3]